Kamis, 20 Mei 2010

GENTAKIN Perwujudan Akhlak Mulia

(Gerakan Cinta Keluarga Miskin)

Bagi Hj. Evi Meiroza Herman masalah kemiskinan menjadi perhatian utama. Pengalaman dan perjalanan hidupnya telah menorehkan kesan mendalam. Kepedulian untuk mengentaskan masyarakat miskin telah mendorongnya untuk berbuat sesuatu yang positif bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru, ia terus berkecimpung dan bertemu dengan masyarakat bawah. Kesadaran dan keterpanggilan hatinya untuk mengangkat derajat kaum miskin tak pernah surut. Berawal dari keprihatinan tersebut Hj. Evi Meiroza Herman terus mencari dan mengharapkan program yang tepat untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Dengan melihat potensi keluarga miskin yang memiliki usaha dan melihat potensi keluarga mampu yang ada di sekitar keluarga miskin tersebut, Hj. Evi Meiroza Herman akhirnya menemukan program yang disebut GERAKAN CINTA KELUARGA MISKIN (GENTAKIN). Ide dasarnya sangatlah sederhana, yakni menggalang dana dari para donatur dari keluarga mampu untuk digunakan sebagai modal usaha bagi keluarga miskin.

Besarnya bantuan modal usaha yang diberikan kepada keluarga miskin yakni Rp 500.000 per keluarga. Bantuan sebesar itu dengan perincian untuk modal usaha Rp 250 ribu dan pembelian peralatan Rp 250 ribu. Gagasan sederhana tersebut ternyata memberikan hasil yang luar biasa. Hingga saat ini setidaknya dua belas kecamatan dengan 58 kelurahan yang telah mengikuti program GENTAKIN tersebut.

0 komentar: