Senin, 07 Februari 2011

Senantiasa Berfikir Positif

Yang baik bagi orang lain adalah selalu yang betul-betul membahagiakannya.
(Aristoteles)

Kita menyadari, sebagai manusia pasti selalu mengha­dapi masalah. Karena selama ada kehidupan, maka selama itu pulalah ada berbagai problem dan krisis yang menghadang. Namun, kita harus menyadari, bahwa keberhasilan yang dapat kita capai akan dapat diukur oleh sejauh mana kita dapat menga­tasi berbagai persoalan hidup.

Salah satu langkah terbaik yang perlu dilakukan untuk membuat diri kita mampu untuk menikmati hidup, walaupun di sekeliling kita ada beragam tantangan dan masalah adalah dengan berfikir positif. Hal ini penting, untuk menjadikan diri kita mampu bersaing dan mewujudkan berbagai cita-cita.

Berfikir positif adalah sebuah langkah praktis yang harus diikuti dengan memberikan respons terhadap segala sesuatu yang indah yang ada di sekeliling, melalui hal-hal indah yang ada dalam kehidupan. Ingatlah selalu, bahwa sebagai manusia, kita memiliki kewajiban untuk menikmati semua kenikmatan dan keindahan hidup yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita. Mengingat baik atau buruknya kesan hidup kita hari ini tergantung penilaian dan pilihan kita sendiri.

Setidaknya, keinginan saya untuk selalu berfikir positif setiap hari, sedikit banyak terinspirasi oleh untaian kalimat-kalimat bijak yang saya baca dari buku Etos Kerja Islami karya K.H. Toto Tasmara. Untaian kalimat itu mengandung arti, bahwa pikiran adalah sumber yang penting dalam mengubah hidup ini. Rangkaian untaian kalimat bijak itu adalah:

Ubahlah Pikiran Anda
Bila Anda mengubah pikiran Anda
Anda mengubah keyakinan diri Anda
Bila Anda mengubah keyakinan diri Anda
Anda mengubah harapan-harapan Anda
Bila Anda mengubah harapan-harapan Anda
Anda mengubah sikap Anda
Bila Anda mengubah sikap Anda
Anda akan mengubah tingkah laku Anda
Bila Anda mengubah tingkah laku Anda
Anda mengubah kinerja Anda
Bila Anda mengubah kinerja Anda
Anda telah mengubah nasib Anda
Bila Anda mengubah nasib Anda
Anda telah mengubah hidup Anda.

Jadi, pada dasarnya, pikiran memegang peran penting dalam menentukan hidup ini. Oleh karena itu, saya menyadari, bahwa salah satu cara efektif memanfaatkan pikiran kita secara positif adalah dengan selalu berusaha berpikir positif. Setidaknya manfaat berpikir positif dalam menghadapi segala sesuatu yang belum terjadi di dalam hidup ini, saya lakukan, sehingga tidak merasa cemas menghadapi hari esok.

Saya sekarang menyadari, bahwa untuk mengatasi ber­bagai problem dan krisis adalah jangan berusaha untuk memprediksikan secara negatif berbagai persoalan sebelum hal itu benar-benar terjadi.

Bagi saya, di dalam hidup ini haruslah memiliki jiwa ­yang optimis dan merdeka. Tidak ada kreativitas bagi jiwa yang terbelenggu atau jumud, karena pikiran negatif yang belum tentu akan terjadi. Berpikirlah selalu dalam jalur yang positif, bahwa kita akan selalu di dalam kebaikan. Setidaknya, ide untuk selalu berpikir positif itu terinspirasi ketika saya mendapatkan sebuah puisi dari seorang teman yang ditulis dalam bahasa Inggris, yang pengarangnya tidak dikenal. Puisi yang sangat menyentuh jiwa. Puisinya sebagai berikut:

Ya, Aku Bisa!
Bila Anda berpikir Anda kalah, ya Anda kalah
Bila Anda berpikir Anda tidak berani, ya tidak berani
Bila Anda ingin menang, tapi berpikir Anda bakal tidak menang
Hampir dipastikan Anda bakal tidak menang
Bila Anda berpikir Anda akan gagal, sesungguhnya Anda telah gagal
Sebab di dunia telah Kami temukan
Bahwa sukses dimulai dengan keinginan seseorang
Semuanya itu masalah cara berpikir
Bila Anda berpikir Anda disisihkan, Maka Anda akan tersisihkan, Anda harus berpikir tinggi untuk menjulang
Terlebih dahulu Anda harus yakin pada diri sendiri, Sebelum Anda mendapatkan piala
Perjuangan dalam hidup ini tidak selamanya dimenangkan oleh mereka yang kuat dan cepat
Tetapi cepat atau lambat, orang yang menang itu
Adalah mereka yang berpikir dan berkata: Ya aku bisa!

Dengan merenungkan pesan dari setiap baris puisi itu, saya selalu mengajak diri saya untuk tidak memusatkan pikiran pada hal-hal negatif, yang mungkin saya rasakan nanti, karena akan menjadikan permasalahan itu semakin membesar, dan rasa takut yang saya rasakan akan semakin bertambah. Maka, jangan sampai suatu persoalan kita pikirkan secara negatif, sebelum hal itu benar-benar terjadi.

0 komentar: